A.
Pengertian
3D Studio
Max
(3ds Max/MAX) adalah sebuah perangkat
lunak grafik vektor
3dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment
(dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan
dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir
Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7.
3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah
diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
B. Keunggulan dan Feature 3D Animation Dengan 3ds Max
Kemajuan dunia Computer Graphic khususnya 3D Animasi telah berkembang dengan sangat
pesat saat ini. Telah banyak kemudahan-kemudahan dan features-features baru
yang dikeluarkan oleh pihak vendor dalam upaya untuk semakin memikat
konsumen/user dengan product mereka. Ini tentunya menjadi nilai tambah bagi
para konsumen/user dalam mengeksplorasi ide kreatifitas dalam berkarya.
Beberapa keunggulan dan features
yang bisa kita peroleh dari sofware 3ds max ini adalah :
1. Keunggulan dan Feature ke 1
1. Keunggulan dan Feature ke 1
Feature untuk membuat model organic dan unorganic. Model
organic dapat berupa karakter model makhluk hidup nyata seperti manusia, hewan.
Dan model makhluk hidup yang tidak nyata (khayalan) seperti monster, peri, dan
lain-lain. Model unorganic dapat berupa model objek-objek benda mati seperti
mesin, bangunan, mobil, sepeda motor, furniture, dan lain-lain.
Pada 3ds max feature yang digunakan untuk membuat model organic umumnya dengan
menggunakan teknik Polygonal modeling dan NURBS modeling. Teknik Polygonal
modeling adalah teknik membuat model dengan memakai objek-objek geometry dasar
yang kemudian dikembangkan menjadi objek model yang lebih kompleks. Umumnya
memakai bentuk objek geometry box (kotak) yang kemudian dihaluskan lagi
permukaannya (smooth). Sedangkan teknik NURBS modeling adalah teknik membuat
model dengan memakai garis-garis yang dibuat seperti rangka objek yang
diinginkan kemudian diberi surface (bentuk permukaan).
2. Keunggulan dan Feature ke 2
Feature untuk memberikan rangka pada objek karakter 3d yang
telah kita buat, sehingga karakter 3d tersebut dapat bergerak seperti layaknya
manusia. Ada 2 teknik yang dapat dilakukan, yaitu dengan teknik Bone dan teknik
Biped. Teknik Bone adalah dengan membuat tulang secara satu persatu yang
kemudian dilink-kan antar masing-masing tulang yang saling berhubungan,
misalnya tulang tangan dihubungkan ke tulang bahu. Sedangkan teknik Biped
memungkinkan kita untuk membuat tulang yang telah terintegrasi menjadi satu
kesatuan rangka yang utuh. Sehingga kita tidak perlu lagi me-link-kan tulang
secara satu-persatu.
3. Keunggulan dan Feature ke 3
3. Keunggulan dan Feature ke 3
Feature membuat texture real dan
texture cartoon (kartun). Objek 3d yang dibuat dapat diberikan texture yang
realistic sehingga terlihat seperti nyata, atau berupa texture cartoon. Texture
real adalah memberikan texture yang sebenarnya sesuai dengan sifat dan
karakteristik permukaan suatu objek atau benda, sehingga akan diperoleh hasil
yang tampak asli dan nyata. Feature yang digunakan dengan menggunakan material
standard. Sedangkan texture cartoon adalah memberikan texture seperti kartun,
yang warnanya cerah dan terang. Feature yang digunakan adalah material
Ink’npaint
4. Keunggulan dan Feature ke 4
4. Keunggulan dan Feature ke 4
Feature membuat efek-efek api, asap (fire effect), kabut
(fog), pendar cahaya (volume light), dan lain-lain. Efek-efek ini dapat
diterapkan dengan memakai feature effect dan environment effect
5. Keunggulan dan Feature ke 5
5. Keunggulan dan Feature ke 5
Feature membuat efek-efek yang
terjadi bila mata/kamera melihat objek bergerak, misalnya efek motion blur dan
depth of field (dof). Efek motion blur adalah efek bagaimana mata kita atau
mata/lensa kamera menangkap gambar objek yang bergerak yang memperliatkan bias
(blur) pergerakannya. Depth of field (dof) adalah efek bagaimana bila mata kita
atau mata/lensa kamera focus melihat satu objek, maka objek-objek disekitarnya
pasti akan menjadi tidak focus (blur). Pemberian efek-efek ini tentu akan
memberikan kesan yang semakin tampak realistic.
6. Keunggulan dan Feature ke 6
6. Keunggulan dan Feature ke 6
Feature untuk membuat efek-efek
sinar, cahaya. Efek-efek tersebut dapat berupa cahaya matahari, sunset, dan
lain-lain, yang tentunya akan semakin memperkaya dan mempercantik design 3d
yang kita buat. Untuk membuatnya kita dapat memakai feature effect yang
terdapat pada software 3ds
max.
7. Keunggulan dan Feature ke 7
7. Keunggulan dan Feature ke 7
Feature untuk membuat objek-objek
bulu, rumput, rambut, dan lain-lain. Objek-objek ini memerlukan feature
aplikasi khusus yaitu feature Hair & Fur. Dengan adanya opsi ini kita akan
mudah untuk membuat beragam jenis dan style rambut, bulu ataupun rumput
8. Keunggulan dan Feature ke 8
8. Keunggulan dan Feature ke 8
Feature untuk membuat objek kain
atau baju. Features yang digunakan adalah Cloth Simulation. Dengan feature ini
kita dapat membuat kain atau baju dengan lebih natural dan realistic,
menyerupai dengan sifat baju/kain seperti dalam kondisi real/nyata
9. Keunggulan dan Feature ke 9
9. Keunggulan dan Feature ke 9
Feature untuk membuat objek-objek
liquid/cairan. Aplikasinya banyak ditujukan untuk membuat environment, seperti
environment (panorama) di sungai, laut, kolam, dan lain-lain. Sama halnya
seperti pembuatan objek bulu, objek liquid memerlukan tingkat kekompleksan yang
sangat khusus, karena oject ini sangat berat “dibaca” oleh komputer, apalagi
bila tingkat akurasi liquid-nya tinggi. Feature yang dipergunakan adalah Meta
Particle dan BlobMesh.
10. Keunggulan dan Feature ke 10
10. Keunggulan dan Feature ke 10
Feature untuk membuat cahaya yang
realistic. Cahaya yang tampak realistic adalah cahaya yang memantul dan
menyebar kesegala arah, sesuai dengan arah pantulan objeknya. Feature yang
dipakai adalah Global Illumination dengan beragam teknik, seperti Light Tracer,
Radiosity atau MentalRay.
11. Keunggulan dan Feature ke 11
11. Keunggulan dan Feature ke 11
Feature untuk membuat Animasi dynamics. Banyak diaplikasikan
untuk membuat animasi objek-objek yang saling bertubrukan/tabrakan,
berbenturan, pecah, dan lain-lain. Tidak hanya dapat diterapkan untuk
benda-benda (objek) solid/keras (rigid), tetapi dapat juga diterapkan untuk
benda-benda lunak (soft), kain (cloth), tali (rope), dan lainnya
C. Merubah Tampilan Layout 3d MAX
Cara mengganti tampilan Layout
Tampilan layout default pada 3d MAX
sangat melelahkan mata jika kita bekerja dalam waktu lama. Oleh karena itu maka
diperlukan perubahan layout tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
;
a. Klik menu “customize”, lalu dilanjutkan dengan menu “Load Custom UI Scheme”.
b. Setelah itu akan muncul window
untuk memilih lay out yang sudah disediakan oleh 3ds max.
c. Setelah itu maka pilih tampilan
yang sudah disediakan sesuai dengan keinginan.
Dalam hal ini ada baiknya memilih tampilan “discreet-dark.ui”. Kemudian klik Open.
Maka perubahan yang terjadi pada tampilan 3d Max menjadi versi gelap (dark)
Dalam hal ini ada baiknya memilih tampilan “discreet-dark.ui”. Kemudian klik Open.
Maka perubahan yang terjadi pada tampilan 3d Max menjadi versi gelap (dark)
Keuntungan:
Warna yang gelap maka akan mengurangi tingkat
intensitas cahaya yang keluar dari layar monitor. Sehingga mata kita akan lebih
tahan lama berada di depan komputer. Selain itu juga warna gelap pada monitor
membutuhkan daya listrik yang lebih kecil jika dibandingkan dengan warna terang
sehingga kita bisa melakukan penghematan listrik. Hal ini setahu saya bisa
diterapkan pada versi 3ds max 5 keatas.
0 komentar:
Posting Komentar